Tingkatkan SDM Dan Menuju Gemerlang, Pemkot Metro Gelar Musrenbang di Kelurahan Mulyasari

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-Halopaginews.com- Pemerintah Kota Metro menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023, di Kelurahan Mulyosari, Kecamatan Metro Barat, Senin (06/02/2023).

Turut hadir dalam Musrenbang anggota DPRD, para Staf ahli, para Kepala OPD, Camat Metro Barat, Lurah Mulyosari, serta para Pamong Kelurahan Mulyosari.

Dalam kesempatan ini Lurah Mulyosari Yunarto, memaparkan sedikit gambaran tentang Kelurahan Mulyosari.

“Kelurahan Mulyosari luas wilayah 2.985 Ha dengan jumlah penduduk 3.526 jiwa yang terdiri dari laki laki 1790 jiwa perempuan 1736 jiwa, kemudian jumlah 5 RW dan 20 RT,” papar Yunarto.

Di dalam forum yang sama, Asisten III Pemerintah kota Metro, Miswan, menyampaikan beberapa capaian yang sudah diraih bersama melalui program unggulan diantaranya:

1. Untuk meningkatkan akses Pendidikan dasar Pemerintah Kota Metro meluncurkan program Kartu Metro Ceria (KMC) yang saat ini telah menjaring 690 siswa SD, 1.564 siswa SMP dari keluarga tidak mampu dan berprestasi melalui program Gemerlang (Generasi Emas Metro Cemerlang).

2. Pemerintah Kota Metro juga telah memberikan insentif bagi para pamong (Ketua RT dan Ketua RW) Penggiat Keagamaan yang terdiri dari Kaum, Guru TPA, Guru Sekolah Minggu, Marbot/Penjaga Rumah Ibadah semua Agama dan Juru Kunci Makam, LPM dan Linmas di masing-masing kelurahan, para kader Kesehatan, Pekerja Sosial (TKSK dan PSM) serta pengelola perpustakaan kelurahan. Selain itu di berikan juga Jaminan Kecelakan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) melalui BPJS Ketenagakerjaan yang di tahun 2022 mencapai 6.415 orang.

Baca Juga :  Monitoring Arus Lalin Mudik Lebaran, Polda Lampung Lakukan Pantauan Udara
Foto,Forkopimda
Foto,Forkopimda

3. Pemenuhan Universal Health Coverage (UHC) yang telah mencapai 99,41 persen pada Desember 2022 (Pembebasan iuran BPJS Kelas III, dengan pelayanan yang berkualitas) dengan program BKD (Bawa KTP Dilayani).

4. Pemerintah Kota Metro juga telah menetapkan RSUD Jenderal Ahmad Yani sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran.

5. Penyediaan Mall Pelayanan Publik Satu Atap (Mall Melesat) adalah upaya Pemerintah Kota Metro dalam menghadirkan layanan masyarakat yang terpadu dan cepat.

6. Untuk mendukung kegiatan masyarakat terutama dimalam hari Pemerintah Kota Metro hingga saat ini telah memasang 4.234 titik lampu penerangan jalan umum (PJU) yang tersebar di seluruh Kota Metro.

Baca Juga :  Ketua PWI Lamtim Menerima Penghargaan Satyalancana Aditya Karya Mahadya Yodha Kategori Utama

7. Bantuan Saranan Produksi Pertanian (Saprotan) dan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) untuk Petani.

8. Membangun Creative-Hub, yaitu merupakan Program Kemitraan Pemerintah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat untuk Riset dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat. Pembangunan MCH ini dapat digunakan sebagai tempat dengan ruang-ruang untuk bekerja bagi komunitas-komunitas kreatif sekaligus menjadi inkubator bisnis industri kreatif, Penyediaan Event Kreatif dan Pelestarian Budaya.

“Selanjutnya dapat saya sampaikan bahwa tema pembangunan Tahun 2024 adalah Peningkatan Produktivitas Ekonomi dan Kualitas Sumberdaya Manusia untuk Pembangunan Berkelanjutan dengan 4 Prioritas Pembangunan yaitu: 1. Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi 2. Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia Menuju Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang) 3. pengembangan infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan. Dan ke 4. Reformasi Birokrasi,” jelas Misnan.

Melalui Musrenbang ini juga, Miswan mengajak semua yang hadir untuk aktif dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kelurahan, untuk menjaring aspirasi, kebutuhan di dalam wilayah kelurahan maupun antar wilayah kelurahan, sebagai pengejawantahan bentuk pembangunan yang partisipatif. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum