Danramil 05/Sukadana Lantik Anggota SWK Angkatan KE-VII

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Upacara pelantikan sekaligus pendidikan dan latihan (Diklat) Saka Wira Kartika angkatan Ke-VII berlangsung di Makoramil 429-05/Sukadana Kodim 0429/Lamtim, Sabtu (18/5/2024).

Kegiatan dihadiri langsung Danramil 429-05/Sukadana beserta anggota, Ka Kwaran, Sekretaris Kwaran, Ketua Harian, pembina harian SMKN 1 Sukadana serta anggota Saka Wira Kartika sejumlah 35 Orang.

Saka Wira Kartika yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Darat untuk secara khusus mengembangkan pendidikan bela negara.

Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam rangka meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Baca Juga :  Hadiri Musdesus Validasi Penerima BLT DD, Babinsa: Semoga Tepat Sasaran

Matra darat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan, maupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat, seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Sementara pembinaan Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh Koramil 429-05/Sukadana merupakan wadah yang ideal dan efektif untuk menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual kepada generasi muda, serta menambah wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

Hal ini disampaikan oleh Danramil 429-05/Sukadana Kodim 0429/Lamtim Lettu Inf Sugiri pada saat memimpin kegiatan Diklat dan pelantikan anggota SWK angkatan ke-VI.

“Kami siap membina dan membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa ksatria guna menumbuhkan rasa cinta tanah air demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, ujar Danramil dihadapan para peserta.

Baca Juga :  Gapai Berkah Ramadhan, Kodim 0429/Lamtim Berbagi Takjil Gratis

Danramil berpesan, setelah mengikuti kegiatan tersebut supaya anggota baru Saka Wira Kartika agar lebih giat berlatih dalam mengasah ilmu Kepramukaan serta menerapkan nya dalam kehidupan sehari-hari sehingga bermanfaat untuk orang lain.

“Harapannya, materi yang sudah didapatkan nantinya agar diaplikasikan dilapangan. Sehingga adik-adik bisa menjadi insan yang berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Kibarkan terus panji-panji tunas kelapa demi masa depan bangsa Indonesia yang jaya,” pungkas Danramil.(pendim0429/Lamtim).

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum