Pemadaman Listrik Total, Komitmen RSUD Sukadana Lamtim Menjaga Mutu Pelayanan 

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Komitmen RSUD Sukadana Dalam Menjaga Mutu Pelayanan dan Pihak Management RSUD Sukadana, memastikan bahwa terjadinya gangguan transmisi PLN, yang mengakibatkan Pemadaman Listrik Total atau Blackout, selama 2 hari lalu (4-5 Juni 2024), bisa diantisipasi dengan baik, sehingga tidak menyebabkan penurunan kualitas pelayanan medis terhadap warga masyarakat.

Direktur RSUD Sukadana, dr Nila Sandrawati Tanjung, menjelaskan bahwa saat terjadi Pemadaman Listrik Total atau Blackout, di seluruh wilayah Provinsi Lampung, timnya langsung mengoperasikan generator cadangan, untuk memastikan suplai aliran listrik di rumah sakit, tetap tersedia dengan baik,” ujarnya Direktur RSUD Sukadana kepada media, Kamis (6/6/24).

Meskipun dimasa kondisi terbaru mati lampu selama 2 hari kemarin, pelayanan RSUD tetap berjalan seperti biasa, hal ini menjadi komitmen RSUD utk menjaga mutu pelayanan agar tetap berjalan dengan menyiapkan 2 genset otomatis. Genset utama sebesar 500 KVA dan cadangan sebesar 350KVA,”tuturnya.

Baca Juga :  Gara-Gara Dikejar Massa, Pelaku Tinggalkan Motor Curiannya Dijalan

Begitu juga dengan SDM (sumber daya manusia) nya, meskipun kondisi di sekitarnya mati lampu, baik dokter perawat, bidan, penata dan tenaga kesehatan lainnya, bertugas sesuai profesi dan keahliannya. RSUD sukadana saat ini mempunyai 25 orang dokter spesialis (penyakit dalam, bedah, obgyn, anak, syaraf, THT, jantung, mata, paru, kesehatan jiwa dan rehab medik), 23 dokter umum/dokter gigi, dan psikolog.

Foto, RSUD Sukadana
Foto, RSUD Sukadana

Dengan adanya kesiapan tersebut, maka pelayanan seperti hemodialisa (cuci darah), ICU (intensive unit care), UGD (unit gawat darurat), ruang operasi dan ruang penunjang bisa berjalan normal.

Bisa dibayangkan jika pasien yang seharusnya cuci darah harus terhenti karena mati lampu, pasien yang sedang di operasi dan mati lampu, dan pasien di ICU dengan mesin bantuan hidup juga mati lampu,maka keselamatan pasien menjadi berbahaya, “ujarnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Nasdem Lamtim Reses di Desa Mulyo Asri
Foto, Pelayanan RSUD Sukadana
Foto, Pelayanan RSUD Sukadana

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan pasien, RS menambah jam praktek di hari sabtu untuk pelayanan poliklinik spesialis Anak, poliklinik spesialis bedah dan poliklinik spesialis jantung. Yang mana spesialistik tersebut menjadi favorit bagi pelayanan kesehatan masyarakat kabupaten lampung timur,”terangnya.

RSUD Sukadana masih terus berbenah dan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat lampung timur,”

Sehingga RSUD Sukadana tidak merasa antipati terhadap setiap kritikan, masukan dan keluhan yang bersifat mengingatkan, memperbaiki dan membangun demi kebaikan pelayanan kesehatan kabupaten lampung timur,” pungkasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum