Wali Kota Metro Berikan Asuransi Tentang Literasi Keuangan Ke Para Kader Posyandu

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-Halopaginews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas kesehatan menggelar kegiatan Jambore Kader Posyandu menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Astra Bank Lampung, Bpjs kesehatan kota metro memberikan edukasi tentang literasi keuangan sekaligus asuransi mikro kepada kader Posyandu di Bumi Sai Wawai.

Acara tersebut dihadiri oleh Walikota dan Wakil walikota metro, Forkopimda, Perwakilan Polres Metro, Kejari,Kodim 0411/KM, Direktur RSUD A.Yani, Direktur RSUD Sumber Sari Bantul,Staf Ahli Silfia Naharani, Pimpinan Bpjs Kesehatan, Kepala OJK Provinsi Lampung, Pimpinan Bank Lampung, Pimpinan PT.Astra Financial, Pimpinan PT.Pegadaian ( Persero), Pimpinan Bpjs Ketenagakerjaan, Kepala Kemenag dan para kader Posyandu serta para camat dan lurah se- kota metro.

Dalam acara tersebut bertujuan memberikan Edukasi literasi keuangan dan asuransi mikro ini secara simbolis kepada peserta Jambore Kader Posyandu Kota Metro di Taman Metro Indonesia Indah (TMII), Selasa (23/07/2024).

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, pemberian asuransi dan literasi keuangan ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan pemberdayaan dari Pemkot Metro pada kader Posyandu di Bumi Sai Wawai.

Baca Juga :  Lagi, Bung Tam Launching Lagu Lampung Kekinian, Kali ini Berjudul Lestarikan Budaya
Foto, Istimewa
Foto Istimewa

“Kader Posyandu ini adalah ujung tombak dalam pelayanan primer sesuai enam pilar transformasi bidang kesehatan. Peran mereka sangat penting, untuk itu kita berikan edukasi tentang pengelolaan keuangan sekaligus asuransi mikro ini,” kata Wahdi usai kegiatan.

Dikatakanya, kedepan Pemkot Metro akan merevitalisasi semua Posyandu dan meningkatkan kader kapasitas sumber daya manusia (SDM) para kader. Selain itu, pemerintah juga akan upayakan agar fasilitas di Posyandu bisa lebih lengkap.

“Posyandu kita ini ada 158 kita akan upayakan untuk lakukan revitalisasi, tapi SDM-nya juga kita tingkatkan. Karena sama saja kalau bangunan nya bagus, tapi SDM-nya tidak bagus,” katanya lagi.

“Salah satunya kegiatan yang kita laksanakan ini, kita berikan mereka edukasi bagaimana pengelolaan keuangan yang baik supaya mereka nanti bisa juga memberikan nya edukasi pada masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, tambah dia, Pemkot Metro juga memberikan hadiah umroh kepada satu kader Posyandu asal Metro Utara dan hadiah sepeda kepada beberapa kader.

“Iya itu sebagai reward kepada para kader Posyandu yang sudah bekerja dengan baik, tentu kita berikan apresiasi. Tahun ini memang baru satu, kedepan kita upayakan hadiah umrohnya lebih banyak,” tambahnya.

Baca Juga :  Pemkot Metro, Pihaknya Mengadakan Sosialisasi Tentang Kekerasan Anak di Lingkungan Sekolah

Kepala OJK Lampung, Otto Fitriandy menuturkan, industri jasa keuangan bukan hanya memikirkan terkait bisnis, tetapi juga ingin melakukan penetrasi terhadap pemerintah utamanya kader posyandu dalam penurunan stunting dan sekaligus memberikan edukasi bagaimana mengelola keuangan yang baik.

“Jadi kita ingin para kader Posyandu bukan hanya memberikan edukasi terkait gizi, tetapi juga bagaimana mengelola keuangan yang baik. Tujuanya tentu kita ingin mendukung kesejahteraan masyarakat khususnya di Metro ini,” ucapnya.

“Kita semata-mata bukan hanya soal bisnis, ini contohnya dari PT Astra memberikan asuransi mikro kepada semua kader. Begitupun dengan dari Bank Lampung juga ada,” paparnya.

Dia menambahkan, para kader Posyandu merupakan salah satu ujung tombak pemerintah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Untuk itu, peran kader juga sangat penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang baik.

“Daya jangkau kader Posyandu itu sampai kebawah karena bersentuahn langsung dengan masarakat. Jadi mereka bisa menjadi agen literasi, agar bisa mendukung kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum