Kapolres Tuba AKBP. Syaiful Wahyudi di dampingi oleh Dandim 0426/TB. Foto: dok. Humas Polres tuba

TULANG BAWANG, Halopaginews.com – Polres Tulang Bawang menggelar apel pergeseran pasukan (serpas) untuk melaksanakan pengamanan tahap pungut suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), bertempat di Lapangan Polres setempat, sekitar pukul 08.30 WIB. Senin (15/04/19).

Bertindak selaku pemimpin upacara Kapolres Tulang Bawang AKBP. Syaiful Wahyudi, bersama Dandim 0426 Letkol Inf. Kohir.

Kapolres dalam amanatnya mengatakan, pada tahapan pelaksanaan minggu tenang dan pemungutan suara ini merupakan momentum yang sangat krusial dalam pelaksanaan pengamanan, selain dari nanti pada tahap penghitungan suara.

“Diharapkan kepada seluruh anggota, mari bersama-sama melaksanakan kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tugas pokoknya yang telah disampaikan kepada rekan-rekan sekalian,” ujarnya.

Baca Juga :  Tim Kemenpan-RB Pantau Progres MPP

Lanjutnya, momentum minggu tenang sudah dimulai dari. Minggu (14/04) kemarin dan akan berlangsung sampai hari Selasa (16/04), ada beberapa hal yang perlu diantisipasi dalam tahapan ini antara lain adalah pelaksanaan money politik atau yang sering dikenal dengan istilah serangan fajar.

Pemilih adalah orang yang independent, bebas untuk menetukan pilihannya, sehingga orang yang mempengaruhi pilihan baik itu memilih ataupun tidak memilih bisa dikenakan sanksi pidana, termasuk dalam pelaksanaan money politik.

Dalam pelaksanaan pengamanan, rekan-rekan semua dituntut untuk melakukan pengamanan di TPS. Buku saku yang telah dibagikan tolong dibaca-baca kembali sehingga apa yang menjadi kewajiban dan tugas dari rekan-rekan dapat dipahami.

Baca Juga :  Petani Bersenpi Diringkus Polisi

“Alat kelengkapan personel tolong dibawa, salah satunya borgol dan tongkat karena itu bisa digunakan untuk melumpuhkan lawan, sedangkan penggunaan senpi (senjata api) boleh digunakan dengan dua syarat, yaitu apabila pelaku mengancam jiwa petugas dan mengancam masyarakat,” terang Kapolres.

Kelengkapan tersebut dalam pelaksanaan tugas nantinya sangat membantu rekan-rekan, apabila ada yang menggangu jalannya pelaksanaan pencoblosan langsung diamankan dengan cara di borgol dan langsung dibawa ke Polsek lalu ke Polres.(Rls/aw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here