Walikota Metro Pimpin Upacara HUT RI ke-75

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Metro (HPN) – Upacara peringatan HUT ke-75 RI berlangsung di Halaman Sekretariat Daerah Kota Metro, dengan diikuti Forkopimda, TNI dan Polri setempat. Senin (17/08/2020).

Walikota Metro Achmad Pairin, selaku inspektur upacara membacakan sambutan Gubernur Lampung yang mengatakan, bahwa perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 ini terasa berbeda.

“Momen bersejarah yang biasanya disambut penuh rasa bahagia itu kini terasa mengharu biru. Karena tahun ini di Indonesia khususnya Provinsi Lampung berjuang melawan pandemi,” ucapnya.

Pairin juga mengatakan, bencana ini membuat berbagai aktifitas nyaris berhenti, baik di bidang perekonomian maupun kehidupan bermasyarakat. Namun demikian tidak lantas membuat semua berkecil hati dan patah semangat. Semua aktifitas yang biasa dilakukan dengan adaptasi kebiasaan baru atau New Normal.

“Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo pada pidato bahwa, inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan,” ungkapnya.

Baca Juga :  LPA Lampung Tunjuk Anna Nahkodai LPA Metro

Ketika krisis kesehatan berdampak pada perekonomian nasional, dan semua segenap masyarakat Lampung juga harus cepat bergerak, dengan memberikan bantuan sosial bagi masyarakat. Melalui bantuan sembako, bansos tunai, subsidi dan membantu UMKM untuk memperoleh restrukturisasi kredit, membantu pembelian produk-produk mereka dan membantu tenaga kerja yang menjadi korban PHK.

“Jangan sia-siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Justru momentum krisis ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan pola pikir dan etos kerja kita harus berubah. Fleksibilitas, kecepatan, dan ketepatan sangat dibutuhkan. Efisiensi, kolaborasi, dan penggunaan teknologi harus diprioritaskan. Kedisiplinan nasional dan produktivitas nasional harus ditingkatkan,” terangnya.

Tambahnya, hal ini sejalan dengan tema Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 Tahun 2020 yaitu “Indonesia Maju”. Tema tersebut bermakna mendalam bahwa Indonesia Merdeka adalah suatu jembatan emas untuk mewujudkan semua harapan berbangsa dan bernegara.

“Harapan bisa dicapai dengan kerja nyata pada masa pandemi. Untuk mewujudkan Indonesia maju, harus dimulai dari kemajuan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Untuk itu, kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung. Saya mengajak mari kita bersama-sama dan bekerja keras guna menyukseskan pembangunan di Provinsi Lampung, sesuai dengan bidang tugas dan keahlian yang kita miliki,” tambahnya.

Baca Juga :  Modal e-KTP, Andi Surya Akan Beri Jamkestro

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Wali Kota Metro, Gubernur Lampung Arinal menyampaikan, target saat ini bukan hanya lepas dari pandemi, bukan hanya keluar dari krisis. Langkah kita adalah melakukan lompatan besar memanfaatkan momentum krisis yang saat ini sedang terjadi. Menjadikan Provinsi Lampung Maju dan Berjaya sebagaimana yang kita cita-citakan.

“Tak lupa, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada petugas baik tenaga kesehatan, tokoh masyarakat, para relawan, awak media, aparat TNI dan Polri, para ASN serta seluruh masyarakat Lampung. Semoga peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-75 RI ini, dijadikan sebagai titik awal dalam meningkatkan kinerja, guna melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur. Dari Lampung untuk Indonesia, demi terwujudnya Indonesia Maju Lampung Berjaya,” jelas Pairin. (R)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews