Evaluasi Inovasi Tekan Penyakit TB Paru

0
46
Foto: Hasanuddin/HPN.

Muara Enim (HPN) – Puskesmas Sumber Mulia Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim memiliki berbagai inovasi program kesehatan untuk melayani masyarakat. Upaya tersebut dalam rangka meningkatkan komitmen untuk pencegahan dan penyebaran penyakit Tuberkolosis (TB) khususnya Paru, Pertemuan Evaluasi Inovasi dilaksanakan di Kantor Desa Karang Mulia Kecamatan Lubai Ulu. Senin (22/2/2021).

Acara dihadiri oleh Kepala Desa Karang Mulia Yulius, Pemdes Desa Karang Mulia, Pemdes Desa Karang Agung dan Peserta Kegiatan tersebut.

Dalam Sambutannya Kepala Desa Karang Mulia Yulius mengatakan, bahwa Pemerintah Desa Karang Mulia Sangat mendukung kegiatan seperti ini, agar masyarakat mendapatkan pengetahuan mengenai TB Paru.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, karena sangat penting agar masyarakat dapat pengetahuan tentang penyakit TB paru dan apa pencegahannya, semoga masyarakat selalu menjaga kesehatan.” harap Yulius.

Selanjutnya Kepala UPT Puskesmas Sumber Mulia, Wansori menyampaikan, pihaknya memiliki berbagai program dalam pencegahan penyakit TB Khusus Paru.

Baca Juga :  Desa Sumber Mulia Gelar Musrenbangdes

“Salah satu program unggulan adalah Inovasi Kader “Ngambekan” Inovasi ini merupakan program yang inovatif dan efisien karena mampu melakukan penemuan kasus TB Paru dengan cara pemeriksaan dahak walaupun pasien tidak datang dengan alasan jarak tempuh. Tujuan dari inovasi ini sendiri meningkatkan temuan terhadap TB Paru, meningkatkan peran serta aktif kader dalam penemuan TB Paru dan deteksi dini terhadap penyakit paru dan menurunkan angka penularan, sebelum adanya inovasi ini hanya 15 % tahun 2017, dan masih rendahnya kepedulian masyarakat terhadap TB Paru dan setelah adanya inovasi ini terjadi perubahan berhasil meningkatkan temuan kasus TB Paru di wilayah kerja Puskesmas Sumber Mulia sebanyak 150 % kasus pada tahun 2018.
Pada Tahun 2019 Target Suspek sebanyak 279, pencapaian sebesar 274 artinya pencapaian yang di dapat tahun 2019 adalah 98,2 %. Kemudian di Tahun 2020 target suspek sebanyak 432 pencapaian 61, artinya pencapaian yang didapat di tahun 2020 adalah 14,1 % dari pencapaian 61 antara lain dari Desa 29 Desa Karang Agung, 14 dari Desa Karang Mulia dan 13 dari Desa Sumber Mulia.” terangnya.

Baca Juga :  Desa Karang Sari Realisasikan Bantuan PKH

Sementara penanggung jawab Kader Ngambekan Maryati mengatakan, Ngambekan adalah program pelayanan Kader kesehatan ke rumah warga untuk mendata dan menindak lanjuti apabila terdapat permasalahan kesehatan warga. Selain itu, layanan ini juga melakukan edukasi kesehatan secara langsung kepada masyarakat. Kemudian hasil kegiatan yang telah dijalankan akan dilaporkan kepada bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit untuk ditindaklanjuti. Pembentukan Kader Ngambekan Peduli TB Khusus Paru di masing-masing wilayah Desa di Kecamatan Lubai Ulu Kelompok ini, sebagai wadah untuk menghasilkan masyarakat yang peduli terhadap kesehatan khususnya TB.

“Kelompok ini terdiri dari unsur masyarakat. Dengan kegiatan evaluasi inovasi Kader Ngambekan ini dibuat dengan harapan bermanfaat untuk semua dan dengan Motto Masyarakat Sehat, Indonesia Kuat.” ucapnya. (Hasanuddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here