Lagu “Tulang Bawang Bumi Ghayow” jadi Kado HUT Tuba

0
213
Foto: Istimewa.

Tulang Bawang (HPN) – Wow, Lagu Tulang Bawang Bumi Ghayow ciptaan Rustam Effendi sudah di launching nih, kerennya lagi saat bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Tulang Bawang yang ke-24. Sabtu (20/3/2021).

Bung Tam, ialah sapaan akrab sang pencipta lagu Tulang Bawang Bumi Ghayow,  juga merupakan abdi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai Kepala BPKAD Tulang Bawang, ia mengungkapkan, bahwa terciptanya lagu tersebut merupakan buah karya dari ungkapan rasa syukur yang tak terhingga yang didapat selama ia bertugas di KabupatenTulang Bawang sejak tahun 1999, dalam sisi sejarah, budaya dan pembangunan yang berada di Kabupaten Tuba menggugah hatinya untuk menulis lirik dan menjadikan sebuah lagu tersebut.

“Karya lagu ini masih belum seberapa dengan apa yang telah diberikan Tulang Bawang kepada kami para insan seni dan pelestari budaya di kabupaten Tulang Bawang, yang dimana jika diselami sangat luar biasa didalamnya dari segi sejarah maupun budaya, dan apa yang saya tulis masih tidak ada seberapa dari budaya dan sejarah yang ada,” ungkap Bung Tam.

Selain itu, Bung Tam juga berharap, agar masyarakat Tulang Bawang bersama-sama menjaga dan melestarikan budaya asli lokal dan menjujung tinggi sejarah, sesuai dengan harapan para pendiri daerah setempat.

Baca Juga :  Dinkes Tuba Beri Bantuan Pasien Splenomegali

“Dengan banyaknya kearifan lokal yang ada di Kabupaten Tulang Bawang, budaya dan sejarah yang perlu dilestarikan dan di jaga, tentunya ini tugas kita bersama yang merupakan bagian dari Tulang Bawang sehingga kita mampu mewujudkan harapan para pendiri Tulang Bawang,” harapnya.

Dalam acara syukuran tersebut, juga di hadiri oleh sang vokalisnya, yaitu Aak Sony, dirinya mengaku terharu dengan terpilih untuk dapat membawakan lagu ciptaan Bung Tam, yang menurutnya lagu tersebut bukan hanya sebuah karya, namun pusaka yang banyak pesan tersirat didalam lagu tersebut.

“Saya sangat bersyukur dan terharu, karena Bung Tam memberikan kepercayaan terhadap saya untuk membawakan lagunya, karya ini bukan hanya sekedar karya namun pusaka, dikarenakan banyak makna luar biasa didalamnya, dan lagu ini versi aslinya pernah diikutkan lomba Parade Lagu Daerah Gita Permata Nusantara di TMII (Taman Mini Indonesia Indah) pada Tahun 2015, dan sempat menyabet bermacam penghargaan juara waktu itu,” ungkap pemilik Channel YouTube Aak Sony Channel.

Aak Sony juga mengucapkan terimakasih atas segala support dan dukungan rekan dan sahabat, sehingga pembuatan aransemen dan video klipnya bisa selesai dan bisa launching bersamaan dengan HUT Tulang Bawang ke-24, sehingga menjadi momentum sejarah tersendiri.

Baca Juga :  DPRD Tuba Apresiasi Prestasi Pemkab Raih WTP ke-6

Ia juga mengajak masyarakat Tulang Bawang mengenalkan budaya kearifan lokal Tulang Bawang kepada publik yang luas, selain itu ia juga berpesan untuk pecinta lagu Daerah untuk kunjungi channel youtubenya guna saling memberikan masukan.

“Suksesnya kegiatan hari ini tidak lepas dari kerja keras Tim yang luar biasa, dari awal hingga hari ini, sehingga bisa menjadi momentum indah tersendiri buat kita semua, karena bisa bersamaan dengan HUT Tulang Bawang ke-24, saya juga berharap buat masyarakat Tulang Bawang agar dukung selalu program Pemerintah Kabupaten dengan 25 Program Unggulan Bupati kita Bunda Winarti,” tuturnya.

“Saya juga berharap kita sama-sama mengenalkan kearifan lokal Tulang Bawang kepada publik luas, dan juga untuk para pencinta lagu daerah dan lain-lain bisa kunjungi Channel saya yaitu Aak Sony Channel, agar kita bisa sharing bersama dan bisa memberikan masukan agar saya kedepannya bisa jauh lebih baik lagi memberikan hiburan,” imbuhnya. (A/Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here