Foto, Dokpim
Foto, Dokpim

Way Kanan-(HPN)- Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, Sambut Kunjungan Kerja (Kunker) Tim Pembangunan Universitas Lampung(UNILA) di Rumah Dinas Bupati, Kabupaten Way Kanan setempat, Senin (14/06/2021).

Hadir dalam Kunker tersebut,Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Bagian dan Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Rektor UNILA, Karomani, Wakil Rektor III, Suharso, Wakil Rektor IV, Ahmad Sandi Samosir, Direktur Pascasarjana, Wan Abbas Zakaria, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu dan jajaran.

Mengawali sambutannya Bupati Raden Adipati Surya menyampaikan, atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, mengucapkan selamat datang kepada Bapak Rektor UNILA dan jajarannya di Kabupaten Way Kanan,”Ucapnya.

Kedatangan bapak-bapak sekalian adalah sebagai tindak lanjut dari kunjungan kami di UNILA pada tanggal 19 April 2021, dan rapat secara Daring antara Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan pihak UNILA beberapa waktu yang lalu dalam rangka penyelenggaraan Kampus UNILA di Kabupaten Way Kanan,”Ujarnya.

Lanjutnya,sebagaimana kita ketahui, pemberian otonomi yang seluas-luasnya kepada Daerah adalah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Di samping itu, melalui otonomi luas dalam lingkungan strategis globalisasi, Daerah diharapkan mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan serta potensi dan keanekaragaman Daerah dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga :  PMI Sterilkan Sekretariat DPRD Way Kanan

Dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 9 tahun 2015, tentang Pemerintahan Daerah telah menegaskan bahwa Kerja Sama Daerah dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Daerah dapat mengadakan kerja sama yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan. Kerja Sama Daerah dapat dilakukan dengan daerah lain, pihak ketiga, dan Pemerintah Daerah atau lembaga di Luar Negeri.

“Dengan kehadiran Perguruan Tinggi Negeri di Kabupaten Way Kanan akan memberikan effort bagi percepatan pembangunan SDM berkualitas di wilayah perbatasan selatan. Kehadiran UNILA memberikan dukungan akselerasi pembangunan ekonomi di Way Kanan dan sekitarnya.

Dalam jangka panjang diharapkan muncul kawasan pertumbuhan ekonomi baru di gerbang selatan atau bagian Utara Provinsi Lampung meliputi,Baturaja sekitarnya, Way Kanan, Liwa dan Tulang Bawang sebagai Gravity Ultimate Growth (Rajawali Tangguh) dimana Way Kanan sebagai pusat pertumbuhan (gravity),
kehadiran UNILA menjawab kebutuhan masyarakat terhadap akses pendidikan tinggi yang berkualitas serta bermutu. Kehadiran Unila meningkatkan kapasitas layanan UNILA menuju Kampus World Class dan Kehadiran UNILA adalah bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045,”jelasnya Bupati Adipati. 

Bupati Adipati juga menyampaikan, terima kasih kepada Rektor Universitas Lampung beserta jajarannya yang telah bersedia bekerjasama untuk membantu Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat dan percepatan dalam pemenuhan pelayanan publik.

Baca Juga :  Ketua TP-PKK Way Kanan Hadiri Peresmian Nuwa Mangan Guntur

Dengan adanya kerja sama ini, telah membantu kami dalam rangka mewujudkan visi Way Kanan Unggul dan Sejahtera dan menuju Visi Pemerintah Provinsi Lampung “Rakyat Lampung Berjaya”, Paparnya.

Sementara ditempat yang sama Rektor UNILA, Karomani mengatakan, salah satu dari keseriusan UNILA dalam Program tersebut dengan menghadirkan seluruh jajaran UNILA yang memang berkaitan dengan Pembangunan Kampus UNILA 2 tersebut.

“Kami datang kemari hari ini lengkap dengan Wakil Rektor serta jajaran yang berkaitan, itu adalah satu bukti bahwa kami memang serius dalam perwujudan Kampus UNILA 2 ini” Terangnya.

Kampus UNILA 2 sekarang tinggal menunggu izin dari Kementerian, jika izin tersebut sudah dikeluarkan, maka segera dilaksanakan.

“Kehadiran UNILA 2 di Kabupaten Way Kanan adalah pemikiran cerdas Bupati Way Kanan. Oleh karena itu agar semuanya berjalan dengan lancar, akan ada detail sampai dengan hal terkecil sekalipun yang harus disepakati bersama. Mudah-mudahan bisa terus berlanjut sesuai dengan harapan kita bersama”,Jelasnya Rektor Karomani.

Pada kegiatan itu, juga dilakukan peninjauan ke lokasi RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Way Kanan yang lama, yang direncanakan untuk Kampus UNILA 2 di Way Kanan.  (Rilis/Zainal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here