Kodim 0411/KM Lakukan Integritas Komponen Masyarakat Cegah Konflik Sosial

Foto, Kodim 0411/KM Lakukan Integritas Komponen Masyarakat Cegah Konflik Sosial

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Inergitas Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial’ diusung sebagai tema kegiatan Pembinaan Komunikasi Kodim 0411/KM yang dilaksanakan di .Aula Pamungkas Makodim 0411/KM, Jalan Veteran Bd. 22 Hadimulyo Barat Kota Metro. Selasa (12/04/2022)

Kegiatan Pembinaan Komunikasi yang diikuti sekitar 80 orang warga masyarakat sekaligus jaring intel teritorial ini dihadiri oleh Pabandya Bin Up Apintel Si Intelad Letkol Inf.Imir Faisal didampingi Kaur Data Kapten.Cpl.Martrias Aditya,S.ST.Han dan Sertu Yogi Nurwanto.

Sementara itu ikut mendampingi kegiatan, Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A,Md., Kasdim Mayor Inf Bagus Setiawan,S.Sos., Pasi Intel Kapten Inf Tri Yuli P., Kaban Kesbangpol Metro Dra Rosita,MM dan Kabid Wasnas Heri Hendarto.

Dalam sambutannya, Dandim 0411/KM mengucapkan terima kasih atas kehadiran peserta Binkom Wilayah Kodim 0411/KM Tahun 2022 dan juga Personel dari Satuan Sinrelad, selanjutnya mengatakan “Kita ketahui bahwasannya situasi Wilayah Indonesia saat ini masih terlihat agak memanas dengan adanya aksi unras yang dilakukan hampir di seluruh kota-kota di Indonesia,” ucapnya.
.
“Kami berharap agar kordinasi yang baik tetap terjaga di bidang komunikasi, sehingga apapun kejadian yang terjadi di wilayah binaan meliputi Kota Metro dan Kabupaten Lamteng bisa terdeteksi sedari dini, bila itu terus kita pertahankan maka wilayah binaan Kodim 0411/KM diharapkan terjaga ke kondusifannya,” tambahnya.
.
“Jaring Intel harus tetap terbina dan terus saling berkomunikasi agar bisa menetralisir keadaan di masyarakat dari provokasi berita-berita yang tidak benar atau Hoax,” pungkasnya.

Selanjutnya para peserta Binkom mendengarkan Sambutan As Intel Kasad Mayjen TNI Suko Pranoto yang disampaikan oleh Pabandya Bin Up Apintel Letkol Inf Imir Faishal.

Baca Juga :  Hari AIDS Sedunia 2023, Dinas Kesehatan Kota Metro, Lakukan Tes HIV Para Remaja

“Yang saya hormati para tamu undangan, para Narasumber serta para peserta kegiatan Binkom cegah konflik sosial di wilayah Kodim 0411/Kota Metro, yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberi keselamatan, kesehatan dan selalu dalam bimbingan-Nya, sehingga dapat berkumpul dalam rangka melaksanakan kegiatan Binkom cegah konflik sosial di wilayah Kodim 0411/KM”.ucapnya.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0411/KM beserta jajaran atas terselenggaranya kegiatan Binkom cegah konflik sosial di wilayah Kodim 0411/Kota Metro.

Terimakasih saya hanturkan kepada para Narasumber yang telah meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan kepada para peserta”.

“Para hadirin yang saya banggakan Sejak Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 hingga sekarang, keberlangsungan penyelenggaraan Pembangunan Nasional tidak pernah bebas dari Keamanan.

Berbagai gejolak ancaman yang membahayakan Keamanan Nasional, mulai dari Pemberontakan, Separatisme, Terorisme, kerusuhan hingga terjadi konflik sosial menjadi pengalaman buruk yang mengakibatkan terganggunya Stabilitas Keamanan Nasional.

Gejolak konflik tersebut, terbukti telah mengakibatkan hilangnya rasa aman, timbulnya rasa takut masyarakat, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, korban jiwa dan trauma psikologis seperti dendam, benci,dan antipati, sehingga menghambat terwujudnya kesejahteraan umum”.terangnya.

“Konflik bisa muncul dari mana saja, baik dari karakteristik individu, masyarakat, kelompok, interaksi sosial, serta terjadinya ketimpangan dan kelangkaan. Kita masih mengingat pada awal Pandemi Covid-19 hampir di seluruh wilayah Indonesia terjadi kelangkaan masker. Bahkan saat ini pun kita sedang mengalami peningkatan harga beberapa bahan pokok yang diakibatkan oleh pengaruh global.

Baca Juga :  Satu Peleton Personel Kodim 0411/KM Ikut Apel Gelar Operasi Lilin Krakatau 2023

Kita patut bersyukur dalam setiap konflik yang terjadi, pemerintah bersama elemen masyarakat secara cepat dapat mengatasinya dengan baik sehingga konflik tidak berkembang luas sehingga upaya preventif dapat ditempuh guna menghindari kerugian. Ketiga. Ikuti kegiatan dengan motivasi dan semangat tinggi.

Manfaatkan dengan sebaik-baiknya kegiatan ini serta jadikan sebagai wahana untuk mendiskusikan solusi terhadap persoalan di wilayah dilakukan secara sistematis dan terencana dalam situasi dan peristiwa baik sebelum, pada saat, maupun sesudah terjadi konflik yang mencakup pencegahan konflik, penghentian konflik dan pemulihan pasca konflik”.jelasnya.

“Selanjutnya pencegahan konflik dilakukan dengan upaya memelihara kondisi damai dalam masyarakat, mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai, meredam potensi konflik serta membangun sistem peringatan dini.

Kegiatan Binkom cegah konflik sosial di wilayah Kodim 0411/Kota Metro, merupakan salah satu upaya preventif melalui metode ceramah dan tanya jawab. Selama kegiatan para peserta akan menerima pemaparan materi dari para narasumber dengan tema “Sinergitas komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial”.

Selanjutnya ada beberapa penekanan yang perlu dipedomani oleh para jaring intel dalam berkehidupan dimasyarakat yaitu “Kita segenap komponen bangsa selalu bekerja sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah situasi yang sedang dilanda berbagai permasalahan, segera laporkan kepada pihak yang berwenang apabila terdapat hal-hal yang mengarah pada potensi konflik di sekitar tempat tinggal,” pesan Letkol Inf Imir Faishal. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum