halopaginews.com

Palembang,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr. Hanla., menghadiri  acara Pembukaan Rakor dan Rakernis Potmar TNI AL Tahun 2022 yang dibuka langsung oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bertempat di Jembrana Bali, Rabu (11/05/2022).

Dalam sambutannya Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan forum yang sangat strategis untuk menyampaikan pokok-pokok kebijakan pemimpin sebagai pedoman bagi seluruh satuan komando kewilayahan maupun non kewilayahan dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut maupun pembinaan potensi maritim. Selain itu, kegiatan ini sekaligus sebagai media komunikasi dan evaluasi pelaksanaan tugas dawilhanla serta bimbingan teknis binpotmar agar dapat berjalan lebih efektif, efisien dan tepat sasaran. TNI Angkatan Laut sebagai bagian dari sistem pertahanan negara yang bersifat semesta dengan jati dirinya sebagai tentara rakyat harus mampu menyatu dan manunggal dengan segenap komponen bangsa, khususnya yang berkorelasi langsung dengan aspek kemaritiman dan pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Laut. Terkait hal tersebut, undang-undang TNI telah mengamanatkan tugas kepada TNI Angkatan Laut untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Selain itu, Delapan Wajib TNI juga mengamanatkan kepada kita untuk menjadi contoh dan memelopori usaha mengatasi kesulitan rakyat sekeliling. Hal ini kita maknai secara konkret bahwa seluruh personel TNI Angkatan Laut dimanapun berada dan bertugas harus peka, peduli dan empati dengan situasi masyarakat sekitar, sehingga mampu hadir di tengah-tengah masyarakat dengan manfaat yang dirasakan secara nyata oleh rakyat. TNI Angkatan Laut harus mencintai rakyat dengan setulus hati, hingga rakyat mencintai TNI Angkatan Laut lebih dari itu. Prinsip ini harus mendasari pemikiran kita semua, terlebih lagi dalam melaksanakan tugas-tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut dan pembinaan potensi maritim.

Selaras dengan tema yang diangkat pada Rakor dan Rakernis Potmar tahun 2022 yaitu “Insan Potmar Yang Profesional Dan Tangguh Siap Mendukung Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional Dan Reformasi Struktural,” dan diharapkan rapat ini akan menghasilkan pemikiran-pemikiran strategis dalam merumuskan dan menyusun berbagai program serta kegiatan pemulihan ekonomi nasional demi mengurangi dampak pandemi terhadap perekonomian rakyat, khususnya masyarakat pesisir dan kepulauan. Anugerah kekayaan alam negara kepulauan yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa harus dapat kita transformasi menjadi sumber kesejahteraan segenap rakyat Indonesia. Hal ini mengingatkan kita kepada pesan bung karno, bahwa Bangsa Indonesia Harus Menjadi Bangsa Pelaut Sejati, bangsa yang kesibukannya di laut menandingi irama gelombang laut itu sendiri. Pesan sederhana yang sangat visioner serta memiliki makna sangat luas dan mendalam.

Baca Juga :  Nakes Lanal Palembang Kembali Menggelar Layanan Vaksin Bagi Warga Kota Palembang

TNI Angkatan Laut dalam hal ini Spotmar dan jajaran diharapkan mampu merumuskan program-program binpotmar berskala nasional dan menjadi ikon keberhasilan tugas dawilhanla sekaligus aksi dan tindakan konkret yang dirasakan manfaatnya secara nyata oleh masyarakat melalui kolaborasi yang baik dengan semua pihak untuk pemberdayaan menuju masyarakat pesisir dan kepulauan yang sejahtera. Untuk memperkaya khasanah pemikiran dan memperluas cakrawala pandang kita semua, dalam Forum Rakor dan Rakernis Potmar kali ini kita akan mendapatkan pembekalan dari Kementerian koordinator Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Oleh karena itu, mewakili seluruh peserta rakor dan rekernis potmar, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para narasumber atas kesediaannya memberikan pembekalan kepada kami semua. hal ini merupakan suatu hal yang sangat berharga bagi kami. Sekaligus kami laporkan kembali bahwa saat ini kita berada di lokasi Indonesian Navy Aquagriculture Program (INAP), yaitu program budidaya udang dengan metode baru yang akan kita kembangkan secara nasional di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut.

Baca Juga :  Lantamal IV Mengikuti Apel Khusus Jajaran Armada I yang Dipimpin Langsung Oleh Pangkoarmada I

Diakhir amanatnya, Kasal menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani peserta rakor dan rakernis, sebagai berikut pahami dan hayati secara mendalam makna serta tujuan dari tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut dan pembinaan potensi maritim, sehingga dengan itu akan lahir gagasan dan tindakan nyata yang menyentuh langsung kepada kebutuhan, kepentingan dan permasalahan masyarakat, orientasikan program kegiatan dawilhanla dan binpotmar di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut sebagai solusi nyata bagi permasalahan masyarakat, khususnya pemulihan ekonomi akibat pandemi, kelestarian lingkungan laut serta penguatan masyarakat pesisir dan kepulauan dalam program jangka panjang dan berkelanjutan, bukan seremonial belaka, jalin komunikasi, koordinasi, kolaborasi dan sinkroniasasi dengan semua pihak untuk menyatukan tekad, semangat, kekuatan, kemampuan dan tindakan secara bersama-sama membangun kesejahteraan rakyat. Manfaatkan Rakor dan Rakernis Potmar ini sebagai wahana komunikasi antar jajaran potmar guna menciptakan kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam menjamin keberhasilan pelaksanaan tugas dawilhanla dan pembinaan potensi maritim.

Hadir secara tatap muka antara lain Ketua DPR RI, Menkomarves, Menko KKP, Menparekraf, Koorsahli Kasal, Asrena Kasal, Asintel Kasal, Kadispenal, Prof. Dietrich,  GM. CT Arsa, DR. Julianus, Dekan Fakultas Perikanan UH, Aspotmar Kasal, Waaspotmar Kasal,  Kadispotmaral, Kadisjarahal, Paban I Ren Spotmar, Paban II Puan Potmar Spotmaral, Paban III Tahwilmar Spotmaral, Paban IV Komsosmar Spotmaral,  Paban V Bakti TNI AL Spotmaral, Paban VI Wiltasla Spotmaral, Sekdispotmaral,  Kasubdis Bintahwilmar Dispotmaral, Kasubdis Komsosmar Dispotmaal, Kasubdis Bakti TNI AL Dispotmaral, para Danlantamal, Koor APPI/APLI Dispotmaral, Kabagren Dispotmaral, Kasubdis Risrah Disjarahal, Kasubdis Lisprodrah Disjarahal,  Kasubdis Musmontrad Disjarahal, Kabagren Disjarahal, Aspotmar Koarmada RI, para Aspotmar Pangarmada I II III, Aspotmar Dankormar, Aspotmar Pangkolinlamil,  Aspotmar Kapushidrosal, Danpasmar 1 2 3, para Danlanal jajaran TNI AL.

(Pen Lanal Palembang).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here