Wabup Lamtim Azwar Hadi, Hadiri Lomba Desa Berprestasi Tingkat Provinsi Tahun 2022

Foto, Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi, Hadiri Pelaksanaan Penilaian Lomba Desa Braja Gemilang

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

LampungΒ Timur-(HPN-SMSI)-Β  Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi, Hadiri Pelaksanaan Penilaian Lomba Desa Braja Gemilang, Kecamatan Braja Selebah, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (23/6/2022).

Kecamatan dan Desa merupakan identitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.

Foto, Wabup Lampung Timur
Foto, Wabup Lampung Timur

Oleh Karena itu, sudah semestinya berbagai kegiatan yang diselenggarakan di desa dapat memotivasi peran aktif masyarakat dalam mendukung program pembangunan.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi dalam sambutan penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung, di Desa Braja Gemilang, Kecamatan Braja Selebah, Kabupaten Lampung Timur.

Foto, Wabup Lampung Timur
Foto, Wabup Lampung Timur

“Keberhasilan Desa Braja Gemilang menjuarai Lomba desa Tingkat Kabupaten Lampung Timur merupakan wujud keberhasilan pemerintah desa dan peran aktif masyarakat dalam mendukung pembangunan,” kata Azwar.

Menurut dia,lomba desa merupakan langkah komprehensif secara terarah,Β terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan, dalam rangka melakukan evaluasi dan pembinaan pemerintahan desa.

Baca Juga :  Dana PUAP Gapoktan Fajar Makmur Carut Marut Diduga Diselewengkan

“Tujuan utama lomba desa ini bukan semata meraih gelar juara. Lebih dari itu sebagai sarana evaluasi yang terarah, terkoordinasi dan berkelanjutan, sekaligus pembinaan untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan pembangunan di tingkat desa,” terangnya.

Wabup berharap, tim penilai dapat melaksanakan tugas secara obyektif sejalan dengan tujuan utama dari pelaksanaan lomba desa tersebut.

Hal senada disampaikan Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Intizam selaku ketua tim penilai lomba tersebut.

Dia mengatakan, instrumen evaluasi dan perkembangan desa adalah tolak ukur yang digunakan untuk menilai serta menentukan status tertentu dari capaian hasil pelaksanaan program pembangunan di tingkat desa.

“Penilaian lomba desa ini meliputi tiga kategori: bidang pemerintahan desa, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan desa dengan segala aspeknya. Seluruhnya ada 490 indikator penilaian,” kata Intizam.

Baca Juga :  Wabup Lamtim, Terapkan Absensi Biometrik Scan Wajah, Agar Pegawai Tak Bisa Nitip?

Sejumlah program unggulan yang menjadi andalan Desa Braja Gemilang dalam lomba tersebut: Program Unggulan Layanan, MANTAP (Mudah, Amanah, Nyata, Tanpa Ada Pamrih). Melalui program tersebut, masyarakat mendapatkan kemudahan dalam proses pembuatan dokumen andminstrasi kependudukan.

Seluruh dokumen kependudukan, dapat dicetak langsung di kantor desa, kecuali Kartu Tanda Penduduk elektronik dan Kartu Identitas Anak.

Selain itu, desa Braja Gemilang, juga memiliki inovasi dalam penerapan konsep Smart Village. Inovasi itu berupa progam Kampung IMUTOU atau Internet murah tanpa Quota, kemudian program SARELANG (Pasar Sore Braja Gemilang) dan SIBERKAH DADI atau Sistem Berbasis Bank Sampah Desa Digital. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum