Program Irigasi P3-TGAI di Desa Bumi Harjo, Pengerjaan Peping Blok Sesuai Rab

Foto, Disinyalir pekerjaan P3-TGAI, pelaksanaan Percetakan Peping blok tidak sesuai dan Gaji Upah kuli dan tukang dibayarkan dengan upah borongan.

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN-SMSI)-Β  Desa Bumi Harjo,Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur, Melaksanakan Sosialisasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Pada Kegiatan Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air, Tahun Anggaran 2022.

Pekerjaan P3-TGAI, pelaksanaan Percetakan Peping blok sesuai dan Gaji Upah kuli Rp. 95.000,- ribu rupiah per hari dan tukang dibayarkan dengan jumlah senilai Rp.120.000,-perhari, Lokasi pengerjaan percetakan di dusun 10 , di Desa Bumi Harjo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur.

Kementrian umum dan perumahan rakyat terus menjalankan program P3 TGAI- melalui skema padat karya tunai dengan jumlah anggaran Rp. 195.000.000,- Juta Rupiah atau pertitik.

Selain itu kegiatan P3-TGAI merupakan Program Percepatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah salah satu dari Program Padat Karya Tunai (PKDT).

Pertanggungjawaban dari Tim Pendamping Masyarakat (TPM) P3-TGAI dalam melakukan pengawasan pelaksanaan P3-TGAI untuk selalu maksimal mendampingi jalannya kegiatan sehingga dapat mewujudkan pembangunan mengedepankan prinsip, transparan, proposional, akuntabilitas dan obyektif, jangan sampai kegiatan ini keluar dari aturan yang telah di tentukan.

Hal ini Samsuri selaku Ketua P3-TGAI Bumi Harjo, ia mengatakan baru selesai percetakan Peping blok sekitar 20 hari ini karena cuacanya kayak gini om, kadang panas kadang hujan, “Ucapnya Samsuri. Hari Sabtu (25/06/22) Saat dikonfirmasi oleh awak media halopaginews.com dikediamannya.

Baca Juga :  Tingkatkan Darkum, Kodim 0429/Lamtim Terima Penyuluhan Hukum Oleh Kumdam II/Swj

“Kalau pengerjaan percetakan paping blok irigasi dengan cara manual, dengan adukan 1 sak semen, 4 angkong pasir, dan 4 angkong batu seplit dicampur dengan caeran pengeras Peping. Program P3 TGAI- melalui skema padat karya tunai dengan jumlah anggaran Rp. 195.000.000,- Juta Rupiah atau pertitik” Ungkapnya.

Ditempat kita ini dengan ukuran Peping blok panjang lantai 80 cm, lebar 50 cm, rata-rataΒ  ketebalan 8 cm dan untuk dinding panjang nya 1 meter , lebarnya 50 cm. Kalau untuk upah tukangnya Rp.120.000,- dan upah kuli Rp.95.000,- Rupiah.

“Kalau jumlah pekerja itu, kalau kuli nya tidak pasti, kadang ada yang berangkat ada 9 orang pekerja, tukang nya kayaknya ada 4 orang, karena kadang tidak pasti datang, “Dalihnya.

Lokasi irigasi yang dibangun di dusun V, kalau volume panjang pekerjaan lokasi sekitar 770 meter cuma sebelah karena sebelahnya sudah di leaning, ” Terangnya.

Sementara itu, saya hanya ikuti petunjuk dari konsultan balai besar dalam persatu sak semen pembuatan Peping blok modem yang ukuran 80 cm itu bisa mencapai 9 bisa lebih, dan 1 meter itu bisa mencapai sampai 11 leaning. Jumlah keseluruhan untuk pemasangan dengan jarak ukuran 770 meterΒ  dengan menggunakan 3.080 ribu keping Peping blok, “Pungkasnya.

Baca Juga :  Amankan Penadah Barang Curian di Lampung Timur, Polisi Juga Temukan Sabu

Ditempat terpisah, Sukirman selaku kuli pekerja mengatakan saya cuma kuli dibayar dengan upah harian, dan tukang, itu cara kerjanya dari cetak Peping blok dari gali sesuai dengan upah harian semuanya , ” Ucapnya.

Selain itu, pekerjanya kadang ada 11 orang pekerja, kalau yang pasti datang hadir 8 orang pekerja. Selama saya bekerja kurang lebih nya 20 hari, yang aktif bekerja sama saya di temani oleh kadus teguh.

Kemudian untuk pengerjaan percetakan Peping blok dengan menggunakan adukan 1 sak semen, 4 angkong batu split, 4 angkong pasir, dan dicampur 1 gelas caeran pengeras percetakan Peping blok, ” Jelasnya.

Percetakan Peping blok dengan ukuran panjang 1 meter, lebar 50 cm, ketebalan 8 cm, untuk lantai panjang 80 cm dan lebar 50cm, ” Pungkasnya.

Hingga berita ini di terbit kan sudah konfirmasi dengan kepala desa bumi harjo mahfud. (TIM)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum