Raker DPW SPI Lampung, Edi Samsuri: SPI Siap Sejalan Dengan Kebijakan Pemerintah

| š•æš–Šš–—š–Žš–’š–†š–š–†š–˜š–Žš– š•µš–†š–‰š–Ž š•»š–Šš–’š–‡š–†š–ˆš–† š•¾š–Šš–™š–Žš–†.

Klik Gambar

Lampung – (HPN)Ketua DPW Solidaritas Pers Indonesia (SPI) Provinsi Lampung, Edi Samsuri, Fil.I.,S.H dalam rapat dengan jajaran DPD di Kantor DPW SPI Sabah Balau Resident, sangat menekankan komitmen pengurus dan anggota dalam menjunjung tinggi Sinergitas, Loyalitas dan Soliditas sebagai kunci utama mengembangkan organisasi.

“Kita tau bahwa sinergitas dibangun oleh kesadaran betapa pentingnya kebersamaan dalam keberagaman terutama di Lampung. Dimana setiap elemen mempunyai tanggungjawab yang sama. Mari kita senantiasa ‘bekerjasama’ dan ‘bekerja bersama-sama,’ bahu membahu serta saling melengkapi,” Bro Edi, sapaan akrabnya. Jumat (01/07/2022).

Lanjutnya, terkait loyalitas, ini juga merupakan manifestasi dari komitmen, rasa memiliki dan keterikatan emosional yang kuat antar sesama untuk mewujudkan tujuan organisasi.

Sedangkan soliditas yaitu mengedepankan betapa pentingnya semangat persatuan, di mana kualitas kebersamaan ini sangat ditentukan pada kuatnya komitmen setiap anggota untuk membangun kohesi dalam paradigma kebersamaan.

Hadir dalam rapat Sekretaris Jendral DPP SPI Wesly H Sihombing, jajaran DPW dan DPD se Provinsi Lampung.

Bro Edi juga meminta keluarga besar SPI Lampung agar senantiasa sejalan dengan kebijakan pemerintah sebagai mitra strategis guna membangun sinergi dan kolaborasi di daerah masing-masing.

“Mari kita semua senantiasa sejalan dengan kebijakan pemerintah sebagai mitra strategis guna membangun sinergi dan kolaborasi di daerah masing-masing. Namun tetap memberikan kontrol yang baik agar khittoh jurnalistiknya tidak menyalahi aturan,” pintanya.

Disinggung soal program SPI ke depan, bro Edi menyampaikan selain terus melakukan penguatan di tingkat DPD, SPI juga akan melakukan kegiatan Sertifikasi Kompetensi Profesi (SKW) LSP Pers Indonesia bagi Rekan-rekan Jurnalis di Lampung dalam waktu dekat ini, sembari terus melakukan sinergisitas dengan semua Organisasi Pers yang ada di Provinsi Lampung.

Baca Juga :  Hari Jadi PAC.PP Ke-2, Sekaligus HUT Ke-62 Tahun Pemuda Pancasila di Tanjung Karang Timur

“Kalau kegiatan kita terus melakukan penguatan di tingkat DPD Kabupaten/Kota, ke depan juga kita akan mengadakan Sertifikasi Kompetensi Profesi (SKW) dari LSP Pers Indonesia yang bekerjasama dengan Lembaga Negara, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bagi rekan-rekan jurnalis, dan SPI akan terus melakukan sinergisitas dengan semua Organisasi Pers yang ada di Provinsi Lampung. Bersaudara itu wajib, karena antar sesama organisasi Pers bukan musuh,” ujarnya.

Sebelumnya di tempat yang sama, Ketua DPD SPI Kabupaten Tulang Bawang, Junaidi melaporkan bahwa dalam waktu dekat ini akan mengadakan pelatihan wartawan atau Pra-SKW. Hal ini dilakukan agar saat mengikuti SKW para peserta dapat mengerjakan soal-soal yang diujikan.

Junaidi juga menjelaskan, legalitas SPI di Tulang Bawang telah dilaporkan ke Kesbangpol dan ke depannya akan mengadakan audiensi dengan Instansi terkait.

“Kita juga akan mengadakan Pra-UKW begitu juga dengan audiensi-audiensi dengan instansi terkait,” jelasnya dengan tegas usai memperkenalkan 7 (tujuh) orang jajarannya yang hadir dalam rapat tersebut.

Mendengar sambutan Ketua DPW SPI Provinsi Lampung, Ketua DPD Kota Metro, Samsul Arifin, sangat mengapresiasi bahwa selain mengontrol kebijakan pemerintah, sigersitas dengan pemerintah juga perlu dilakukan.

Sekretaris Jenderal DPP SPI, Wesly H Sihombing yang turut hadir dalam rapat tersebut, dalam arahannya meminta seluruh jajaran SPI baik tingkat DPW, DPD untuk dapat menjaga nama baik SPI dalam setiap kegiatan jurnalistiknya. Karena akan melekat dengan sendirinya bahwa selain memiliki ID Card, seragam media, juga memiliki ID Card SPI dan seragam SPI.

Diharapkannya, seluruh Pengurus/Anggota SPI dapat mengikuti SKW dari LSP Pers Indonesia yang bekerjasama dengan Lembaga Negara, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Baca Juga :  LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH ā€“ PROVINSI LAMPUNG

“Ikuti SKW dari LSP Pers Indonesia, apakah kita telah berkompeten atau tidak dalam melaksanakan profesi kita, nanti Negara akan mengujinya melalui LSP Pers Indonesia,” ucap pegiat pers yang juga salah seorang Asesor (Penguji) SKW LSP Pers Indonesia – BNSP ini.

Diakhir arahannya, Wesly juga menyampaikan salam dari Ketua Umum SPI, Suriani Siboro, serta meminta do’a agar SKW atau UKW yang akan dilaksanakan di Kantor Sekretariat DPP SPI pada tanggal 14-15 Juli 2022 dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Tampak hadir dalam rapat tersebut, Ketua DPW SPI Provinsi Lampung, Edi Samsuri, Sekretaris DPW, Budi Hartono, Ketua Bidang Pembinaan Daerah, Cecep Rusdiono, Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan, Karyono, Sekretaris Jenderal DPP SPI, Wesly H Sihombing, Ketua DPD Kabupaten Tulang Bawang, Junaidi, Sekretaris, Bendahara dan jajaran, Ketua DPD Kota Metro, Samsul Arifin, Sekretaris dan jajaran, Ketua DPD Lampung Selatan, Alison dan jajaran serta anggota SPI lainnya.

Usai rapat, menindaklanjuti ucapan bro Edi, pada malam harinya jajaran Pengurus DPW SPI Provinsi Lampung yang didampingi Sekjen DPP SPI berkunjung ke Kantor Sekretariat Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) DPD Provinsi Lampung di Teluk Betung.

Kehadiran rombongan DPW SPI disambut dengan hangat Ketua DPD SPRI, Ibu Dewi dan jajaran.

Dalam pertemuan tersebut dibicarakan isu-isu krusial dan tantangan yang akan dihadapi dengan pesatnya perkembangan media online belakangan ini.

Pertemuan ini terlihat penuh kekeluargaan, santai tapi tetap serius. (CBR)

Dilaporkan oleh : redaksi Daerah