PKBM Kusuma Bangsa Lampung Timur Sukses Gelar Festival Literasi Kusuma Bangsa Tahun 2023

| ๐•ฟ๐–Š๐–—๐–Ž๐–’๐–†๐–๐–†๐–˜๐–Ž๐– ๐•ต๐–†๐–‰๐–Ž ๐•ป๐–Š๐–’๐–‡๐–†๐–ˆ๐–† ๐•พ๐–Š๐–™๐–Ž๐–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Dalam Rangka Meningkatkan Geliat Literasi Masyarakat di Kabupaten Lampung Timur, PKBM Kusuma Bangsa Sukses gelar Festival Literasi Kusuma Bangsa Tahun 2023.

Dengan mengangkat tema โ€œLiterasi Untuk Semua Cerdaskan Kehidupan Bangsa demi Kemajuan Desa Tercintaโ€, Kegiatan yang di Namai VALTRASI KUMBANG 2023 ini dilaksanakan selama 2 hari 1 malam. Yakni, dimulai pada Sabtu, 18 Maret 2023. dengan pembukaan secara seremonial diawali dengan penampilan Tari Sigeh Penguten oleh siswi PAUD Kusuma Cendekia Desa Putra Aji I yang juga merupakan salah satu Unit Layanan Pendidikan di PKBM Kusuma Bangsa Lampung Timur.

Mengawali Sambutanya, Solikhul Hadi, M.Pd. selaku Ketua PKBM Kusuma Bangsa mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk ajang silaturrahim antar sekolah dan dan masyarakat disekitar Desa Putra Aji I Kec. Sukadana Lampung Timur yang notabennya banyak sekolah-sekolah dari tingkat PAUD/TK/RA sampai SMA/sederajat, ” ucapnya.

Selain dari pada itu kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan minat literasi ditingkat sekolah maupun masyarakat. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk perlombaan, seperti lomba mewarnai tingkat PAUD sederajat, lomba Baca Puisi, Lomba Hafalan Qur’an Surat Pendek dan Lomba ketangkasan bermain Lato-lato tingkat SD/MI. Serta Lain – lainya.” ungkap hadi dalam sambutannya.

Baca Juga :  Kasat Binmas Polres Lamtim, Mengapresiasi Seni Budaya Turonggo Cipto Manunggal

Dalam sambutannya, Kades Putra Aji I Eko Winarno, Kegiatan ini sangat mengapresiasi, “Kami selaku pemerintah Desa Putra Aji I mendukung sepenuhnya kegiatan positif ini, apalagi untuk kegiatan anak-anak calon generasi bangsa yang nantinya akan membawa Manfaat Khususnya Desa Putra Aji I ini, umumnya untuk Negara Kita Indonesia.”ujarnya Kades.

Acara semakin Meriah pada malam hari dengan penampilan Pertunjukan Teater, Membaca Puisi, Musikalisasi Puisi yang Ditampilkan Ciamik rangkaian Roadshow Panggung Seni Komunitas CAKAU dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ikatan Mahasiswa Pecinta Seni (IMPASI) Universitas Maโ€™arif Lampung (UMALA).

Lalu di hari minggu dilanjutkan dengan gelaran pentas seni dari siswa siswi PAUD Kusuma Cendekia dan Santri TPQ Hidayatul Mubarokah, Lomba Fashion Show tingkat SD dan PAUD sederajat, membuat sasi Tumpeng bagi ibu-ibu serta dilanjutkan pengumuman juara lomba dan penutupan, “tuturnya.

Kegiatan ini didukung oleh beberapa pihak, yaitu Pemerintah Desa Putra Aji I, Komunitas Cakau dan IMPASI Universitas Maโ€™arif Lampung, Komunitas Mimer Kota Metro, Forum TBM Lampung Timur, Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Kampung Literasi Kota Metro, Dewan Kesenian Metro, PT Wilmar, Khanza Mart, WTC Fish dan berbagai pihak lainnya.

Baca Juga :  Wabup Azwar Hadi, Hadiri Pengukuhan P3A Kabupaten Lampung Timur

Muhammad Habibul Qomar, selaku ketua pelaksana kegiatan ini menyampaikan bahwa

“Alhamdulillah kegiatan ini disambut dengan baik dan mendapat apresiasi dari sekolah sekitar dan masyarakat, Kegiatan ini diikuti oleh 8 Sekolah PAUD/TK/RA dan 10 Sekolah SD/MI dan masyarakat dari 4 kecamatan di sekitar TBM Kusuma Bangsa.

“Kami tidak menyangka antusiasnya akan sebanyak ini sehingga panitia agak sedikit keluhan dalam menyambut peserta dari berbagai sekolah dan lapisan masyarakat. kami sangat bangga dan gembira, โ€ imbuhnya.

Untung Budi Santoso, S.Pd.SD. selaku perwakilan peserta dari SD Negeri 2 Surya Mataram mengatakan bahwa kegiatan ini sangat kreatif dan edukatif, โ€Kegiatan semacam ini harus digelar setiap tahunnya karena secara tidak langsung membangunkan dan mengasah kreatifitas guru atau pendidik yang sudah lama vakum kegiatan.

Selain berdampak pada kreatifitas dan edukasi kepada peserta didik, guru pun ikut terasah kreatifitasnya. Sukses untuk Festival Literasi tahun 2023 dan PKBM Kusuma Bangsa Lampung Timur, โ€pungkasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum