Jaga Ekosistem Laut, Kodim 0429/Lamtim Tanam 1000 Pohon Mangrove

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Sebanyak 1000 bibit pohon mangrove ditanam Personel Kodim 0429/Lamtim di hutan mangrove, Desa Sriminosari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Selasa (11/4/2023).

Dalam keterangannya Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH mengatakan penanaman ribuan batang mangrove merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap lingkungan hidup dan tindak lanjut dari perintah Panglima TNI Laksamana TNI Yudho Margono, S.E., M.M., C.S.F.A.

“Mudah-mudahan dengan penanaman mangrove ini mampu menjaga kualitas udara sehingga mencegah terjadinya pemanasan global,” ujar Dandim.

Baca Juga :  Babinsa Koramil Way Jepara Dampingi Penyaluran BLT DD Bagi 30 KPM

“Tidak hanya itu, penanaman mangrove ini diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat di pantai serta dapat berdampak pada peningkatan produksi ikan, dan hasil laut lainnya”, pungkas Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH.

Dilansir dari Hutanpedia bahwa Hutan mangrove di Indonesia sekitar 8,6 juta hektar, terdiri atas 3,8 juta hektar di dalam kawasan hutan dan 4,8 juta hektar di luar kawasan hutan.

Kerusakan hutan mangrove di dalam kawasan hutan sekitar 1,7 juta hektar atau 44,73 persen dan kerusakan di luar kawasan hutan 4,2 juta hektar atau 87,50 persen, antara tahun 1982-1993 telah terjadi pengurangan hutan mangrove seluas 513.670 ha atau 46.697 ha per tahunnya.

Baca Juga :  Sambut HUT RI ke-77, Kapolres Lampung Timur Melaksanakan Upacara Pengibaran Merah Putih

Sementara dalam aksi penanaman 1000 pohon mangrove ini melibatkan sekitar 30 Orang terdiri dari Personil Kodim 0429/Lamtim, Personil Marinir, Polri (Polairud dan Polsek), komunitas pencinta alam, Saka Wira Kartika, perangkat desa serta warga masyarakat. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum