Kodim 0429/Lamtim Gelar Upacara Hari Pahlawan Ke-78 Tahun 2023

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(halopaginews.com)- Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH bertempat di Lapangan Apel Makodim, Jl. Soekarno-Hatta, Desa Mataram Marga, Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur, Jum’at (10/11/2023).

Sementara untuk peserta upacara diikuti oleh seluruh Perwira Staf, Danramil jajaran anggota Bintara, Tamtama serta PNS Kodim 0429/Lamtim.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim selaku Inspektur Upacara hari Pahlawan yang mengambil tema β€œSemangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan” membacakan amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.

Disampaikan,”bahwa tema yang diangkat melalui renungan mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan moderen yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara”, ucap Dandim.

Baca Juga :  Dandim 0429/Lamtim Kembali Lepas Prajurit Terbaik Pindah Satuan
Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

“Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah menang, tetapi pasti bisa. Kerena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan”, tegasnya.

Selanjutnya pada momen peringatan hari Pahlawan ke-78 Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH mengajak seluruh jajarannya untuk menumbuhkan jiwa kepahlawanan dengan cara menanamkan nilai-nilai luhur perjuangan untuk mengisi kemerdekaan.

“Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada para generasi sekarang”, tutur Dandim.

Baca Juga :  Bukti Nyata Turut Membangun Negeri, Satgas TMMD 117 Bangun Prasati Monumen

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lampung Timur untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, untuk meminimalisir berbagai isu radikalisme, rasisme dan lainnya.

β€œKita tingkatkan kekompakan satu sama lain, saling menghargai dan menghormati. Supaya kita semakin menjadi bangsa yang kuat dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH.

Selain di Makodim, sebagai wujud penghormatan atas jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan dengan darah, air mata bahkan nyawa, Koramil jajaran pun serentak melaksanakan upacara hari Pahlawan bersama Forkopimcam di wilayah masing-masing. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum