Secara Simbolis, Wali Kota Metro Menyerahkan Penghargaan ke Bunda PAUD Kota Metro

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Wali Kota Metro membuka Gebyar Paud Kota Metro 2023 yang diadakan di Aula Ki Hajar Dewantara, Senin (27/11/2023).

Pada kegiatan tersebut, Wali Kota Metro menyerahkan Penghargaan kepada Bunda PAUD Kota Metro dan menyerahkan Secara Simbolis Pemenuhan SPM PAUD (Berupa Crayon dan Buku Gambar) kepada 5 Perwakilan PAUD.

Wali Kota Metro dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG.(K), M.H. menyampaikan bahwa Gebyar paud se-Kota Metro yang diadakan hari ini untuk melakukan percepatan terhadap peningkatan angka kasar yang ada di sekolahan.

“Mudah-mudahan dengan terlaksananya kegiatan ini akan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Kota Metro, dimana tujuannya untuk mempersiapkan anak-anak nanti pada jenjang siap sekolah tingkat SD,”ujarnya.

Wahdi juga mengungkapkan bahwa Tenaga Pendidik PAUD yang salah satu ujung tombak pada salah satu program dalam jalur pendidikan non formal (PNF) dan menjadi salah satu sasaran Pembinaan peningkatan mutu Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD yang selaras dengan Pemerintah Kota Metro yang mempunyai program JAMA-PAI yaitu Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu yang bertujuan mewujudkan Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang).

Baca Juga :  Bunda Paud Kota Metro, Pantau Tatap Muka Sekolah PAUD dan TK

“Permainan yang ada juga untuk melatih kognitifnya, jadi guru-gurunya harusnya mempunyai pedagogik yang baik, keterampilan dan sebagainya.”tuturnya.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Menurutnya, Program tersebut juga untuk menyelaraskan rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat serta untuk memenuhi target SDGs 2030 dari sisi sektor pembangunan kesehatan dan pembangunan manusia seutuhnya.

Selain itu, dia juga berpesan kepada semua Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD di Kota Metro dan juga instansi – instansi ataupun stakeholder terkait dengan pendidikan anak usia dini untuk dapat peduli lagi terhadap perkembangan PAUD baik peduli terhadap gurunya, anak didiknya dan juga sekolahannya.

Baca Juga :  Peresmian Lapangan Tenis Sapta Marga Kodim 0411/KM Dihadiri Walikota Metro

Wahdi juga menyadari dalam proses mengajar anak-anak usia dini dan usia bukanlah suatu hal yang mudah, karena dibutuhkannya kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial dan profesionalitas dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang baik bagi anak-anak.

“Saya mengajak kepada kita semua, ayo kita bersama -sama bergotong royong mensejahterakan SDM PAUD,”ungkapnya.

Harapannya,dengan kesejahteraan SDM PAUD kita mampu untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas bagi anak usia dini di Kota Metro

“Yang notabene kita memang di atas nasional, tapi harusnya lebih tinggi lagi. Kalau nasional 54 persen, untuk kota metro sudah mencapai 69 persen,”bebernya.

Tak hanya itu, Kota Metro juga merupakan kota dengan angka rata-rata terlama sekolah tertinggi di Indonesia.

“Pemerintah juga memberikan penghargaan kepada bunda PAUD atas apa yang sudah dilakukan dan untuk memacu para guru agar lebih semangat,”pungkasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum