Berikan Materi Wasbang, Serka Adam: “Pimpin Diri Sendiri Baru Organisasi

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Dalam rangka meningkatkan disiplin, nasionalisme serta rasa cinta tanah air. Babinsa Koramil 429-11/Sekampung Kodim 0429/Lamtim berikan materi Wasbang dan LDKS, di MTs. Ma’arif NU 5 Sekampung, Selasa (28/11/2023).

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah pelatihan yang berkaitan dengan kepemimpinan yang bersifat mendasar. Pelatihan ini menjadi bekal siswa untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan agar di kemudian hari dapat menjadi pemimpin.

Serka Adam Syarifil Anam menegaskan, pemimpin akan memimpin sebuah kelompok atau organisasi. Mereka harus mengetahui struktur organisasi, cara kerja, dan bagaimana manajemen sebuah organisasi agar bisa mencapai tujuan bersama.

Baca Juga :  AMPG Lamtim Siap Mengawal 50 Bacaleg Partai Golkar ke KPU Lamtim

“Harus bisa memimpin diri sendiri sebelum menjadi pemimpin bagi orang lain atau organisasi”, ucap Babinsa dihadapan para siswa-siswi.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Masih dikatakan Babinsa, sebagai pemimpin harus memahami makna Pancasila. Pancasila tidak sekadar dihafalkan sebagai lima dasar negara, tetapi harus dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pemimpin yang berbasis Pancasila akan mampu mengelola perbedaan dengan baik, menjaga keutuhan serta menjadikan organisasi lebih besar khusunya OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah)”, katanya.

Sementara terkait pemberian materi Wawasan Kebangsaan bagi generasi muda, Babinsa menyampaikan sangat penting dan harus dilakukan guna mengantisipasi kerawanan dibidang ideologi, persatuan dan kesatuan akibat pengaruh perkembangan globalisasi.

Baca Juga :  Dandim 0429/Lamtim Pimpin Upacara Bendera 17-an

“Generasi muda merupakan potensi bangsa yang dipersiapkan untuk dapat berprestasi dan memberikan sumbangan nyata bagi pembangunan Bangsa dan Negara.

Bila pemahaman wawasan kebangsaan meningkat maka keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI akan menjadi kuat karena dengan sadar muncul semangat dan dorongan hati untuk mencintai tanah air, membela dan menjaga keutuhan NKRI”, pungkasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum