Program Wali Kota Metro, RSUD A.Yani Metro Jadi Rumah Sakit Pendidikan Utama Malahayati

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-Halopaginews.com- Program Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jenderal Ahmad Yani sebagai rumah sakit pendidikan utama Universitas Malahayati terbukti berhasil.

Pasalnya, rumah sakit ini mengalami perkembangan cukup signifikan baik dari peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat maupun inovasi program layanan.

Rumah Sakit Pendidikan merupakan Rumah Sakit yang mempunyai fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan secara terpadu dalam bidang pendidikan kedokteran atau kedokteran gigi, pendidikan berkelanjutan, dan pendidikan kesehatan lainnya secara multi profesi.

Keterpaduan antara pendidikan, penelitian dan pelayanan merupakan hal yang perlu digarisbawahi. Di samping itu RS pendidikan harus tetap mengutamakan tata kelola klinis yang baik, kemudian mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran, termasuk perihal update peralatan medisnya.

Foto, Wali Kota Metro
Foto, Wali Kota Metro

Dalam tata kelola klinis tersebut semua harus berbasis bukti, sehingga harus mengikuti perkembangan riset-riset yang dipublikasikan di jurnal internasional yang bereputasi dan tetap memperhatikan aspek etika profesi dan hukum kesehatan.

Baca Juga :  RSUD A.Yani Metro, Raih Sertifikat Bintang Lima Sempurna Dan Bekerjasama Dengan 13 Institute

Direktur RSUD A.Yani Metro,dr.Fitri Agustina mengatakan, ada dua laporan dari PPDS Paru FK Unila dimana RSUD A Yani diterima di Asian Pacific Society of Respirology tahun 2023 di Singapura dan Europian Society Medical Oncology Singapura.

“Kemudian mahasiswa kita juga mendapat juara satu penelitian karya ilmiah dan 55 mahasiswa koas semuanya mengikuti uji kompetensi dan lulus semua pada bulan Desember 2023. Ini prestasi yang telah kita peroleh sebagai rumah sakit pendidikan utama fakultas kedokteran Universitas Malahayati,”kata dia, Minggu (12/05/2024).

Selain itu, inovasi penghapusan pendaftaran manual rawat jalan di aplikasi Silat mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dimana, pada tahun 2023 lalu sebanyak 92,14 persen pasien mendaftar melalui online dan 7,86 persen secara manual.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Metro, HUT RI Ke-76,Secara Virtual Mendengarkan Pidato Presiden RI Joko Widodo
Foto, RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro
Foto, RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro

“Lalu angka kelahiran bayi 2023 lalu yaitu sebanyak 356 kasus angka kematian ibu nihil,” paparnya.

dr.Fitri menambahkan, sebagai RS rujukan regional, RSUD A Yani juga mengalami peningkatan angka kunjungan yang cukup tinggi. Pada tahun 2022 lalu, kunjungan rawat inap di RS tersebut sebanyak 21 ribu pasien dan rawat jalan 76 ribu.

“Sedangkan pada tahun 2023 kunjungan rawat inap meningkat menjadi 25 ribu pasien dan rawat jalan 96 ribu pasien. Untuk kasus penyakit tertinggi di RSUD A Yani yaitu eoplasma ganas payudara dan kasus gagal ginjal. Tertinggi neoplasma ganas payudara,” tandasnya.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Wali Kota Metro yang tiada hentinya membimbing kami sehingga dapat bersaing dengan rumah sakit lainya,” imbuhnya. (Adv)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum