Foto, Kapolres Lampung Timur, Jalin Silahturahmi Kamtibmas di Desa Gunung Pasir Jaya
Foto, Kapolres Lampung Timur, Jalin Silahturahmi Kamtibmas di Desa Gunung Pasir Jaya

Lampung Timur-(HPN)- Kapolres Lampung Timur Zaky Alkazar Nasution, Silahturahmi Kamtibmas dalam rangka meningkatkan kehadiran Polri ditengah masyarakat untuk menjalin komunikasi sebagai partner dalam pemecahan masalah atau problem solving melalui program sistem pengamanan terpadu dengan mengedepankan sinergitas Polri dan masyarakat. Acara berlangsung di Desa Gunung Pasir Jaya, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (6/8/2022).

Dihadiri langsung oleh Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution,S.H.S.IK. Kabag SDM Polres Lamtim, Kabag Ren Polres Lamtim, Kabag Log Polres Lamtim,Kasat Lantas Polres Lamtim, Kasat Reskrim Polres Lamtim, Kasat Samapta Polres Lamtim, Kasat Binmas Polres Lamtim, Kasat Intel Polres Lamtim, Kasi Propam Polres Lamtim, Kapolsek Sekampung Udik, Danramil Sekampung Udik, Camat Sekampung Udik, Anggota Polsek Sekampung Udik, Ketua Pokdar Kecamatan Sekampung Udik, Kades Se kecamatan Sekampung Udik,Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh pemuda.

Foto, Kapolres Lamtim berikan tali asih kepada warga
Foto, Kapolres Lamtim berikan tali asih kepada warga

Dalam Sambutannya Camat Sekampung Udik menyampaikan Selamat datang rombongan bapak Kapolres dan rombongan PJU Polres Lampung Timur di Kecamatan Sekampung Udik, “Saya mewakili kepala Desa dan Kecamatan Sekampung Udik, mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kami sudah sangat berharap akan kunjungan dan diskusi dari Polres Lampung Timur, ” Ucapnya.

Sejak saya menjabat sebagai camat sekampung udik kami bersama-sama membangun untuk menjaga keamanan dalam keadaan kondusif seminimal mungkin terjadinya konflik besar dan dalam penanganan konflik kami bergerak berdasarkan SOP dan berusaha untuk saling menjaga dan menyadari satu sama lain, ” pungkasnya.

Di kesempatan ini Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution,S.H.S.IK.M.H, menyampaikan tujuan kami kesini sebenernya kami ingin menjalin komunikasi dengan masyarakat kecamatan sekampung udik dan kami siap untuk memberikan pembinaan untuk Desa Gunung Sugih Besar, Bapak Kasat Binmas segera lakukan kordinasi dengan kepala Desa dan komunikasikan, bahkan akan dilakukan pembinaan bersifat rutin di Desa Gunung Sugih Besar,”ucapnya Kapolres.

Untuk itu, Bhabinkamtibmas nya saya memerintahkan bapak Kabag SDM untuk mencarikan Bhabinkamtibmas yang menguasai dan mampu membaur dengan masyarakat Desa Gunung Sugih Besar ini menjadi atensi saya dan sudah menjadi tugas pokok Bhabinkamtibmas bergabung bersama dengan kepala desa dan masyarakat, “terangnya.

Perkap tentang Pemolisian masyarakat maksudnya agar masyarakat dapat berfikir dan bertindak seperti polisi di lingkungannya, misalnya masyarakat dapat menilai aspek yang dapat menggangu ketertiban dan keamanan masyarakat sehingga masyarakat dapat mengambil tindakan yang dapat mengurangi atau mencegah orang atau kelompok yang akan melakukan tindakan yang mengganggu keamanan dan ketertiban,

Baca Juga :  Motor Beat Digasak Pencuri Disaat Pemilik Sedang Berbuka Puasa

Tentunya, semua itu harus dapat dibekali dan diarahkan oleh bhabinkamtibmas jadi untuk permasalahan yang tidak besar dapat dilakukan rembuk pekon oleh masyarakat dan bhabinkamtibmas sampai dengan tuntas,

“Jadi maksud pemolisian masyarakat yaitu dilatih cara berfikir dan bertindak bila terjadinya suatu kejadian agar tidak menimbulkan permasalahan baru. Kami akan memerintahkan bhabinkamtibmas untuk lebih pro aktif lagi terhadap desa pugung raharjo.

Mengenai kasus pengeroyokan di Desa Banjar Agung, terdapat satu tersangka yang sudah menjalani proses sidang, dan kami sudah mengantongi nama yang akan segera kita lakukan proses penangkapan, dan proses penyidikan secara profesional, jadi sampaikan kepada keluarga korban kami akan bergerak secara tegak lurus tanpa intervensi dari pihak mana pun.

Selain itu, banyak faktor pak kenapa bhabinkamtibmas tidak mau mengambil pinjam pakai senjata api pak, silahkan ditanyakan kepada bhabinkamtibmas yang bertugas di desa bapak karena stok senjata api di gudang kami masih banyak pak, nanti pak kapolsek sekampung udik silahkan di cek lagi kenapa personil bhabin nya tidak mengambil pinjam pakai senjata api,

Dikarenakan banyak nya pelanggaran yang terjadi terhadap penggunaan senjata api jadi untuk menjaga agak diperketat dalam proses pengurusannya, untuk masalah mobil patroli saya sudah mengajukan ke bupati untuk mobil tinggi yang dapat menjangkau wilayah yang akses jalannya masih buruk namun belum terealisasi pak, tapi do’akan semoga dapat teralisasi dan akan saya minta kembali kepada bapak bupati agar segera direalisasikan.

“Saya termasuk kaget pak ketika berdinas di lampung begitu banyaknya permasalahan tanah yang terjadi, dibandingkan dengan di pulau jawa yang semuanya tercatat dalam buku registernya secara jelas, jadi itu merupakan kendala yang kami hadapi, namun kami akan tetap berusaha meluruskan permasalahan tersebut dan mohon bantuan kepala desa untuk lebih aktif dalam mendata kepemilikan tanah sehingga bisa mempermudah kami, “jelasnya.

Baca Juga :  Kasat Binmas Polres Lamtim, Mengapresiasi Seni Budaya Turonggo Cipto Manunggal

Sementara itu, banyak cara kami dalam melakukan pengamanan di wilayah masing masing, seperti yang dikatakan bapak tadi sebenarnya sudah ada pak tinggal dimaksimalkan kembali, namun bila ada pembentukan atau perekrutan baru silahkan komunikasikan kepada kami bila memerlukan binaan dari kami, kami siap pak, ” tuturnya.

Selanjutnya, terimakasih kepada ibu Sri atas masukan nya, sebenarnya program pemerintah yang bukan tugas pokok polri namun menjadi terkait karena masalah ketertiban masyarakat, seandainya Bhabinkamtibmas lebih aktif dalam berkomunikasi masyarakat tentunya masyarakat akan lebih mendengar dan akan melaksanakan program vaksin,

Namun dapat terlihat kinerja bhabin dan polsek dari jumlah masyarakat yang ikut program vaksin, bahkan banyak inovasi yang dilakukan agar menggugah masyarakat agar ikut vaksin namun semata mata semua itu dilakukan untuk menjaga masyarakat agar tidak terjangkit.

Pungli atau tidak dapat dilihat dari resmi atau tidak acara tersebut, dan kepada siapa uang tersebut disetorkan, bila disetorkan kepada perorangan itu dikatakan pungli namun bila dikembalikan untuk penggunaan desa itu tidak pungli kembali kepada acara yang digelar resmi atau tidaknya pak.

Sehingga nya, komunikasi ini sangat diperlukan pak dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan komunikasi semuanya menjadi mudah, dan saya sangat setuju pak jangan sungkan untuk komunikasi dengan kami pak bhabin bila itu untuk keperluan dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

Polda Lampung memiliki program prioritas dalam perekrutan orang suku asli menjadi anggota kepolisian, namun yang sudah berjalan kenapa di sekampung udik tidak ada yang mendaftar apakah tidak ada yang berminat atau bagaimana, saya minta tolong kepada kepala desa untuk lebih mendukung masyarakatnya yang suku asli agar berminat mengabdi di kepolisian, “pintanya.

Kami sangat terbuka terhadap masyarakat baik lewat telpon dan yang mau hadir ke markas kami, intinya kami tidak membatasi masyarakat, dan kami sangat mengapresiasi, terimakasih atas saran dan kritik dari masyarakat Insya allah kami akan meningkatkan kembali kinerja Kepolisian untuk masyarakat, “pungkasnya.

Perlu diketahui, acara sesi tanya jawab, penutup sekaligus pemberian tali asih kepada warga.  (Eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here