Kadiskes Metro Eko Hendro Menjadi Salah Satu Narasumber Transformasi Kesehatan Oleh Tim Kemenkes RI

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Kepala Dinas kesehatan Kota Metro dokter Eko Hendro STM gas adalah sebagai salah satu narasumber dalam acara pertemuan koordinasi pembinaan wilayah provinsi Lampung dengan tema” keberhasilan Tantangan dan Terobosan dalam Implementasi 6 Pilar Transformasi Kesehatan di Kota Metro.

Kegiatan pertemuan koordinasi pembinaan wilayah Provinsi lampung yang diselenggarakan oleh direktorat pelayanan kesehatan primer direktorat jenderal pelayanan kesehatan kementerian RI bertempat di ballroom hotel Novotel Bandar Lampung, Kamis 5 Oktober 2023.

Dinas kesehatan Kota Metro ditunjuk oleh direktorat pelayanan kesehatan primer untuk menjadi kota atau Kabupaten yang sudah melakukan terobosan dalam mengimplementasikan 6 pilar transformasi kesehatan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas kesehatan Kota Metro dokter Eko Hendro Saputra ST.Mkes bahwa implementasi transportasi transformasi kesehatan di Kota Metro terdapat 6 pilar transformasi sistem kesehatan, yaitu pilar pertama transformasi layanan primer di kota metro puskesmas dan posyandu memiliki peran untuk menjaga masyarakat tetap sehat,”ucapnya.

Baca Juga :  Dandim 0411/KM Pimpin Upacara Pelepasan Pindah Satuan 2 Personel

Dinas kesehatan kota metro, sedang mengupayakan 22 percontohan posyandu integrasi layanan primer di masing-masing kelurahan kota metro dengan penerapan siklus hidup sebagai platform integrasi pelayanan kesehatan sekaligus platform penguatan promosi dan pencegahan dalam hal ini paket pelayanan sesuai siklus hidup telah disusun meliputi edukasi pencegahan ini diagnosis pengobatan serta konseling, “terangnya.

Foto, Dinkes Metro
Foto, Dinkes Metro

Pilar kedua transformasi layanan rujukan Kota Metro mengupayakan RSUD Ahmad Yani sebagai rumah sakit rujukan regional provinsi Lampung (75% pasien luar kota metro).

Pilar ketiga transformasi sistem ketahanan kesehatan Dinas kesehatan Kota Metro selalu mengupayakan kesetiaan vaksin dan implementasi cakupan imunisasi dasar Kota Metro per September sebesar 76% sudah mencapai target nasional.

Pilar keempat transformasi sistem pembiayaan kesehatan Dinas kesehatan Kota Metro telah mencapai jaminan kesehatan semesta uhc 100%.

Pilar kelima transformasi SDN kesehatan dinas kesehatan kota metro adanya kemitraan dan fasilitasi dengan perguruan tinggi di sektor riset di kota metro yang tertuang dengan kerjasama dalam bentuk nata nota kesepakatan dan upaya pemenuhan 9 jenis tenaga kesehatan sesuai standar di Puskesmas dengan melakukan rekrutmen tenaga Blud.

Baca Juga :  Ketua DPW dan DPD GML Metro Berikan Kursi Roda dan Santunan

Pilar ke-6 transformasi teknologi kesehatan salah satu implementasi dari transformasi teknologi di bidang kesehatan adalah pengembangan aplikasi kesehatan masyarakat Walikota Metro Wahdi mempunyai inovasi aplikasi JamaPai News integrated aplikasi yang memiliki manfaat sebagai deteksi dini ke kegawat darutatan kesehatan spesialis obstetri untuk mencegah 3 terlambat terlambat mengenal bahaya terlambat merujuk dan terlambat mendapatkan pertolongan cepat di tempat rujukan.

Turut mendampingi kadis kesehatan Kota Metro Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Diah Meirawati,SKM,Mkes,Kepala Bidang SDK Sabrina Amir,S.Farm APT dan Kasubag Perencanaan Daniel SKM,Mkes. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum