Halopaginews.com|Senin, 11 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang AMAN SAAT BELANJA ONLINE oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Jenis belanja online antara lain, marketplace, e-commerce, dan online shop. Marketplace adalah platform yang dikelola oleh suatu perusahaan sebagai pihak ketiga untuk memfasilitasi bertemunya penjual dan pembeli secara online. Marketplace menghubungkan antara penjual dan pembeli lebih aman dalam bertransaksi melalui pihak ketiga, beragam kategori produk yang ditawarkan, ada panduan penggunaan, dan tahu banyak ulasan produk. Cara aman dalam belanja online diantaranya, pastikan akun belanja online terverifikasi di email dan nomor handphone aktif, atur privasi profil pengguna, cermati setiap kebijakan yang ada, beri kode pin untuk setiap kegiatan transaksi, dan jangan mudah memberi id pswd ke pihak lain, menurut Nugrahaning Esa Pratiwi, S.I.Kom., M.I.Kom sebagai Dosen Politeknik Bhakti Semesta.
Untuk membantu agar belanja online lebih mudah dan lancar tersedia alat transaksi non-tunai, seperti e-banking salah satu layanan jasa bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi, e-money yaitu prepaid di mana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronik, dan e-wallet yaitu dompet digital didefinisikan sebagai aplikasi elektronik yang digunakan untuk transaksi secara online melalui smartphone, yang kegunaannya hampir sama dengan kartu kredit atau debit, menurut Mandradhitya Kusuma Putra, M.Sc sebagai Dosen STP Bandung. Key Opinion Leader oleh Dio Hapsari sebagai TV Host, Singer, dan Influencer mengatakan, di era yang serba canggih ini, banyak sekali aplikasi belanja online. Namun, perlu diwaspadai juga terhadap penipuan dalam transaksi belanja online.

Baca Juga :  Nama Pintu Tol Menggala Diganti, Sejumlah Kalangan Angkat Bicara

Jumat,(22/10/21)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here