Dandim 0429/Lamtim Hadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman Dan Perjanjian Kerjasama Kegiatan Opsla 2024

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Kegiatan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama kegiatan Optimalisasi Lahan Rawa (OPSLA) 2024 yang dihadiri Dandim 0429/Lamtim Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M berlangsung di Kantor Kementerian Pertanian, Gedung F. Jl. Harsono RM Dalam, No 3, Jakarta Selatan, Senin (4/3/2024).

Selain Menteri Pertanian, Kegiatan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama kegiatan Opsla turut dihadiri Waaster Kasad, Kapuziad, para Dandim serta Dinas Pertanian dari Provinsi/Kabupaten/Kota yang wilayahnya akan melaksanakan program Opsla.

Mentan Andi Amran Sulaiman menegaskan, dengan adanya kerjasama antara Kementan dan TNI AD ini, swasembada pangan Indonesia optimis segera tercapai. Pasalnya, kerjasama ini tidak hanya peningkatan produksi pada lahan baku sawah, tapi juga mengoptimalkan lahan tidur.

Tidak hanya Opsla saja, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Dandim dan Dinas Pertanian lainnya yang diharapkan mampu mensukseskan program kompensasi dan irigasi sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pangan khususnya di wilayah masing masing.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran PMK, Babinsa Way Bungur Dampingi Vaksinasi Hewan Ternak

Program yang akan dikerjasamakan adalah Optimalisasi Lahan Rawa bukan Cetak Sawah. Untuk wilayah Kodam II/Swj terdapat di 4 Provinsi, salah satunya Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan jajaran Korem 043/Gatam oleh Kodim 0429/Lamtim, Kodim 0411/KM dan Kodim 0426/Tulang Bawang.

Dalam rangka persiapan Opsla, Dinas Pertanian masing-masing wilayah Provinsi/Kabupaten/Kota saat ini sedang melaks Tahap Perencanaan (Survey Identification Design/SID dan RAB) sehingga akan diketahui Luasan (Ha) dan Rincian Pekerjaannya. Sedangkan rencana estimasi waktu pelaksanaan dimulai pada bulan April (setelah tahap perencanaan dari Distan selesai).

Dandim 0429/Lamtim Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M mengatakan siap mendukung program Pemerintah dalam bidang ketahanan pangan diwilayah Teritorialnya.

Baca Juga :  Dandim 0429/Lamtim Dampingi Bupati Pelepasan Kontingen Lamtim Ikuti Porprov Lampung IX

“Kami siap mendukung langkah strategis baik Pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka swasembada pangan dengan program Opsla, dimana program ini yang sebentar lagi akan dilaksanakan di Kabupaten Lampung Timur”, tegasnya.

Sementara Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lampung Timur Irza Murni, SP., M.H menyatakan kesanggupannya melaksanakan upaya khusus (Upsus) Optimalisasi Lahan Rawa TA 2024.

“Adapun luasan usulan yang akan dilaksanakan Survey Identification Design (SID) dan konstruksi seluas 5.575,51 Hektar di 62 Desa Se-kabupaten Lampung Timur”, ungkapnya.

“Semoga sinergi dan kolaborasi antara Kodim 0429/Lamtim bersama Dinas Pangan Holtikultura dan perkebunan Lamtim mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mewujudkan swasembada pangan”, pungkas Irza. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum